KEWIRAUSAHAAN DIGITAL DI CIANJUR

No Comments
KEWIRAUSAHAAN DIGITAL DI CIANJUR Jika pada postingan sebelumnya mimin membahas mata kuliah teknik informatika yang ada di UNPI Cianjur sekarang mimin akan membahas kewiraushaan digital yang ada di cianjur.
bagi agan mungkin kata kewirausahaan itu sudah tidak asing lagi tapi bagi orang lain mungkin itu kata yang baru dia dengar, lalu apa itu kewirausahaan ?
kewirausahaan berasal dari bahasa inggris ( Entrepreneurship ) yang berarti proses mengidentifikasi, mengembangkan dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa inovas, peluang cara lebih baik dalam menjalankan  sesuatu dan dengan berkembangnya teknologi informasi kini kewirausahaanpun mengalami revolusi dengan merambat ke dunia digital.

Apa itu digital?

https://zonailmu32.blogspot.co.id/2017/10/kewirausahaan-digital-di-cianjur.html
Digital berasal dari kata digitus yang berarti jari jemari. Apabila kita menghitung jari jemari orang dewasa maka berjumlah 10, nilai 10 terdiri dari 2 radix 1 dan 0 oleh karena itu digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan dari 1 dan 0 atau on dan of.

Lalu apa hubungannya kewirausahaan dengan digital?

Ketika, infrastruktur digital, bukan lagi berupa fisik. Teknologi saat ini memungkinkan perusahaan untuk lebih berhemat. Mereka tidak perlu lagi menyiapkan infrastruktur fisik seperti membuka cabang gerai, namun cukup membuka toko secara online.   

Inovasi digital menjamurnya starup
Dengan berkembangnya internet memunculkan berbagai macam bisnis seperti perdagangan online (e-commerce), menjamurnya bisnis rintisan berbasis teknologi (starup) dan layanan keluarga digital atau financial tecnology (fintech).
Saat ini, jumlah starup di indonesia mencapai 2.000 tertinggi di asia tenggara. Menurut riset CHGR jumlah ini akan mencapai 6,5 kali lipat atau 13.000 starup pada 2020. besarnya potensi starup ini mendorong meningkatnya investor yang melihat indonesia sebagi pasar digital.

https://zonailmu32.blogspot.co.id/2017/10/kewirausahaan-digital-di-cianjur.html
      
 Peluang Kewirausahaan Digital Di Dianjur
Jika agan membaca dan menyimak isi dari artikel mimin kali ini agan mungkin akan menyimpulkan bahwa perkembangan teknologi informasi dan penetrasi internet sudah berkembang sangat pesat sampai ke pelosok- pelosok daerah yang ada di indonesia salah satunya di Cianjur, banyak peluang kewirausahaan digital yang dapat di lakukan oleh masyarakat Cianjur contohnya:

  1. Web Development yaitu jasa pembuatan website disini kita harus memiliki keahlian di bidang IT, membeli domain, hosting dan memiliki jaringan internet.
  2. Starup yaitu bisnis yang mengutamakan konten semenarik mungkin dan kreatif agar diminati banyak orang khususnya masyarakat Cianjur.
  3. Membuat Sofware seperti yang sudah kita ketahui sofware adalah perangkat lunak  komputer yang berisi konding- koding tertentu yang tersusun dengan sangar rapi, munkin agan berminat untuk membuat jasa dan menekuninya.     
  4. Youtube mungkin sudah tidak asing lagi bagi agan disana kita bisa melihat berbagai video dari berbagai negara yang sangat imajinatif, agan mungkin pernah berpikir buat apa sih buat apa sih bikin video youtube buang- buang tenaga. jangan salah gan dengan kita share video kita ke youtube kita bisa merauk pundi- pundi uang gan asalkan kita konsisten dengan youtube.  
  5. Jasa SEO ( search engine optimization ) teknik mengoptimalkan sebuah artikel website pada mesin pencarian, posisi website mempengaruhi trafik pendapatan dari sebuah website semakin bagus teknik seo yang digunakan semakin bagus pula posisi website tersebut. mungkin agan mengerti teknik seo tidak salahnya untuk mencoba. 
  6. Media Sosial dulu hanya friendster, sekarang ada facebook, instagram, path, line dan masih banyak lagi. agan bisa mempelajari cara mengoptimalkan media sosial untuk bisnis, internet marketing atau mungkin menciptakan media sosial sendiri di sebuah daerah.   

Sebenarnya masih banyak ide usaha jika di bahas lebih rinci. munkin itu saja artikel tentang kewirausahaan digital di cianjur  mudah- mudahan dengan artikel ini dapat membantu masyarakat Cianjur  yang masih bingung menentukan bisnis usaha. Somoga  bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel mimin yang selanjurnya.          
      
sumber referensi:
http://www.ruangfreelance.com/ide-peluang-usaha/

tag: